lapres modul 5

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sistem aplikasi merupakan program yang berfungsi membantu tugas-tugas tertentu sesuai dengan spesifikasinya. Sistem aplikasi tersebut dapat dikelompokkan lagi membentuk kumpulan aplikasi berdasarkan kebutuhan, seperti contoh untuk keperluan kantor tersedia dengan nama Microsoft office.
Pada saat ini terdapat saingan dari Ms. Office tersebut yaitu Libre Office.
Sistem Aplikasi ini diciptakan oleh sun microsystem untuk memenuhi kebutuhan kecil sebagai fungsionalitas, selain itu mempunyai banyak fitur yang tentunya belum dimiliki oleh Ms.Office oleh karena itu pada modul 5 ini akan dipelajari lebih jauh mengenai Libre Office tersebut.
Continue reading

Lapres Modul 5 PTI A1 (Libbre Office)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Sistem aplikasi merupakan program yang berfungsi membantu tugas-tugas tertentu sesuai dengan spesifikasinya. Sistem aplikasi tersebut dapat dikelompokkan lagi membentuk kumpulan aplikasi berdasarkan kebutuhan, seperti contoh untuk keperluan kantor tersedia dengan nama Microsoft office.

Pada saat ini terdapat saingan dari Ms. Office tersebut yaitu Libre Office.

Sistem Aplikasi ini diciptakan oleh sun microsystem untuk memenuhi kebutuhan kecil sebagai fungsionalitas, selain itu mempunyai banyak fitur yang tentunya belum dimiliki oleh Ms.Office oleh karena itu pada modul 5 ini akan dipelajari lebih jauh mengenai Libre Office tersebut.

 

 

1.2  Tujuan

1. Praktikan dapat mengenal dan menggunakan Libre Office.

2. Praktikan dapat mengetahui bagaimana caranya bekerja dengan Libre

Office.

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

DASAR TEORI

A. LIBRE OFFICE.Org

Libre Office.org adalah sekumpulan aplikasi yang didesain khusus terintegrasi untuk mempermudah dan membantu Anda di tempat kerja, sekolah, rumah dalam menulis suatu dokumen, membuat chart yang dibuat di aplikasi spreadsheet, membuat grafik dan membuat dokumen presentasi. LibreOffice.org, dikembangkan oleh Sun Microsystems. Dari sisi fitur, harus diakui LibreOffice.org belum bisa dibandingkan dengan Microsoft Office. Namun, sebagian besar pengguna toh hanya membutuhkan sebagian kecil fungsionalitas, yang sudah dipenuhi dengan baik oleh LibreOffice.org. LibreOffice.org datang dengan semua komponen Office yang dibutuhkan untuk bekerja sehari-hari:

  • Word processing (Writer)
  • Spreadsheet (Calc)
  • Presentation (Impress)
  • Database (Base)
  • Drawing/Graphics (Draw)
  • Formula/Math (Math)
  • Macro
  • dan lain sebagainya

Selain itu juga datang dengan berbagai fitur lain, yang bahkan belum bisa disediakan oleh Microsoft Office. Kita akan membahas sepuluh diantaranya :

1. Ketersediaan source code

LibreOffice.org adalah free/libre source software. Artinya, source code LibreOffice.org tersedia dan bisa dimanfaatkan dengan sangat fleksibel (sesuai lisensi GNU LGPL). Dari sisi lisensi, ini artinya pengguna tidak perlu mengeluarkan sepeser uangpun untuk membeli lisensi penggunaan. Pengguna mungkin perlu mengeluarkan sedikit uang untuk membeli buku panduan atau media instalasi LibreOffice.org.

2. Berjalan pada banyak platform

Microsoft Office hanya berjalan secara natif pada Windows dan Macintosh. Sementara, LibreOffice.org berjalan pada Windows, Macintosh, Linux, UNIX, BSD. Dengan menggunakan LibreOffice.org, Anda bisa menggunakan banyak pilihan sistem operasi.

3. Kompatibel dengan Microsoft Office dan format office lainnya Dengan menggunakan LibreOffice.org, kita tetap bisa membuka dan menyimpan dokumen-dokumen yang dihasilkan dari Microsoft Office. Tidak hanya itu, LibreOffice.org juga bisa membuka dan menyimpan dokumen dari banyak paket office lain. Sebut saja WordPerfect, Lotus dan AutoCAD. Dengan menggunakan LibreOffice.org, Anda bisa bekerja dengan banyak format dokumen.

4. Format LibreDocument yang terbuka dan fleksibel

LibreOffice.org 2.x menggunakan format dokumen LibreDocument, yang sangat terbuka. Sudah cukup banyak program yang bisa membuka dan menyimpan format LibreOffice.org.

5. Ekspor ke PDF dan format lain dengan mudah

Dengan menggunakan LibreOffice.org, dokumen yang kita buat bisa langsung

diekspor ke format lain, seperti PDF atau Flash dengan mudah, tanpa membutuhkan programatau pustaka tambahan.

6. Macro dalam berbagai bahasa pemrograman

Macro dapat digunakan untuk mengembangkan fungsionalitas Office. Dengan

LibreOffice.org, macro dapat dibangun dengan berbagai bahasa pemrograman

seperti Python dan Javascript, disamping LibreOffice.org Basic. Dukungan bahasa ini akan terus bertambah.

7. Akses database yang luas dan transparan

LibreOffice.org datang dengan dukungan database yang luas. Dengan dukungan berbagai driver natif, ODBC dan JDBC, Anda bisa menghubungkan LibreOffice.org dengan hampir semua database system popular  yang ada di dunia ini. LibreOffice.org sejak versi 2.x bahkan datang dengan database front end Base yang sangat mirip dengan Microsoft Access.

8. Wizard untuk konversi dokumen MS Office

Punya satu folder (dengan struktur yang rumit) berisikan banyak dokumen MS Office baik Word, Excel atau PowerPoint? Ingin mengkonversikan ke format LibreOffice.org? Mudah. Cukup akses saja menu File -> Wizards -> Document Converter. Anda akan dipandu sehingga proses konversi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

9. Sangat customizeable

Ingin mengubah sebagian besar user interface LibreOffice.org? Bosan dengan menu bar default? Hanya ingin menampilkan satu atau duamenu saja? Ingin mengganti icon default? Gunakan menu yang ada dan dalam sekejap, tampilan LibreOffice.org Anda dijamin berbeda dengan pengguna lain!  ingin lebih cepat? Edit saja file konfigurasi XML-nya.

10. User interface yang konsisten antar komponen

Arsitektur program LibreOffice.org dan sistem komponennya dikembangkan dengan sangat baik. Salah satu akibatnya, user interface Writer, Calc, Impress dan komponen lain sangatlah konsisten. Kita bahkan bisa membangun macro untuk memanggil komponen tertentu dari LibreOffice.org.

B. PAKET APLIKASI LIBRE OFFICE.Org

1. LibreOffice.org Writer

Aplikasi pengolah kata, merupakan padanan dari Microsoft Word. Untuk memulai LibreOffice.org Writer dari panel desktop Anda, pilih Applications | Office | Word Processor. Untuk memulai dari shell prompt, ketik perintah oowriter.

2. LibreOffice.org Calc

Aplikasi lembar kerja (spreadsheet), padanan dari Microsoft Excel. Untuk memulai LibreOffice.org Calc dari panel desktop Anda, pilih Applications | Office | spreadsheets. Untuk memulai dari shell prompt, ketik perintah oocalc. LibreOffice.org Calc memungkinkan Anda untuk memasukkan atau memanipulasi data personal maupun data bisnis. Jika Anda perlu membuat chart atau grafik untuk presentasi kelas atau bisnis, LibreOffice.org memiliki beberapa template chart dan grafik yang tersedia.

3. LibreOffice.org Impress

Aplikasi presentasi, padanan dari Microsoft PowerPoint. LibreOffice.org Impress adalah tool graphical yang dapat membantu Anda untuk membuat presentasi yang meyakinkan. Untuk memulai LibreOffice.org Impress dari panel desktop Anda,  pilih Applications | Office | sppresentation. Untuk memulai dari shell prompt, ketik perintah ooimpress.

4. LibreOffice.org Base

Aplikasi basis data, padanan dariMicrosoft Access.

5. LibreOffice.org Draw

Aplikasi editor grafis dan percetakan. Untuk memulai LibreOffice.org Draw dari menu desktop, tidak tersedia. Anda dapat menjalankan dari menu Libre Office.org File |New| Drawing, atau dari shell prompt, ketik perintah oodraw. Untuk mempelajari lebih jauh tentang semua paket aplikasi LibreOffice.org, klik Help | LibreOffice.org Help dari menu bar.

BAB III

KEGIATAN PRAKTIKUM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

IMPLEMENTASI

 

4.1 Tugas Praktikum

1. Jelaskan proses apa saja yang bisa dilakukan dengan LibreOffice.org!

Jawab:

Dapat membuat file dengan format dokumen (pengolah kata) menggunakan Text Document, dapat membuat file bertipe spreadsheet (pengolah angka), dapat membuat file bertipe presentasi menggunakan Presentation, Dapat menggambar menggunkan Drawing, Dapat melakukan perhitungan menggunakan libre office math, dapat membuat file bertipe data base menggunakan libre office data base.

2. Buatlah suatu file untuk masing-masing LibreOffice.org dan simpan

dalamformat PDF untuk LibreOffice.orgWriter.

Jawab:

 

 

3. Carilah cara lain mengeluarkan Toolbars Drawing dan formating?

Jawab:

            Klik viewàtoolbaràkemudian pilih formatting dan drawing

4. Bagaimanakah caranya memidahkan suatu icon ?

Jawab:

Klik kanan pada icon yang akan dipindahkanàpilih customize toolbaràkemudian drag and drop pada icon yang akan diganti.

5. Mengapa speeling&grammar perlu di non aktifkan!

Jawab:

Agar kata yang kita masukkan sesuai dengan keingian kita, maka jika spelling dan grammar diaktifkan kata yang kita masukkan akan sesuai dengan ejaan bahasa yang kita pilih.

6. Bagaimankah caranya menonaktifkan speeling&grammar?         

Klik toolàpilih languageàpilih for all textàkemudian klik None(do not check spelling).

BAB V

PENUTUP

 

5.1 Kesimpulan

            Libre Office.org adalah sekumpulan aplikasi yang didesain khusus terintegrasi untuk mempermudah dan membantu Anda di tempat kerja, sekolah, rumah dalam menulis suatu dokumen, membuat chart yang dibuat di aplikasi spreadsheet, membuat grafik dan membuat dokumen presentasi. LibreOffice.org, dikembangkan oleh Sun Microsystems. komponen Office yang dibutuhkan untuk bekerja sehari-hari:

v  Word processing (Writer)

v  Spreadsheet (Calc)

v  Presentation (Impress)

v  Database (Base)

v  Drawing/Graphics (Draw)

v  Formula/Math (Math)

v  Macro

v  dan lain sebagainya

 

5.2 Saran

            Dalam praktikum ini kita sudah mengetahui tentang  Libre Office.org .Maka dari itu marilah memperdalam lagi mempelajari Libre Office.org agar bisa lebih paham dari semua aplikasi yang ada di dalamnya.

 

 

Lapres Modul 4 PTI A1 (Aplikasi Multimedia)

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang

Pada saat ini banyak terjadi pembangunan di segala bidang dimana masyarakat dituntut untuk dapat menerima kemajuan teknologi, Dalam hal ini seseorang diharapkan dapat melakukan pekerjaannya menjadi lebih efisien dengan bantuan dari teknologi. Teknologi komputer dari waktu ke waktu terus berkembang. Fungsi komputer telah berubah, komputer tidak hanya digunakan untuk mengolah database tetapi juga digunakan untuk sarana hiburan. Dengan adanya perangkat lunak Photoshop diharapkan seseorang dapat lebih menikmati hidup dengan mengedit foto sesuai hati nurani.

1.2 TUJUAN

1.Praktikan dapat mengenal fitur – fitur di Adobe Photoshop

2.Praktikan dapat menggunakan dan memanipulasi image dengan Adobe Photoshop

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

DASAR TEORI

 

2.1 TEORI

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto.

Dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5. Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Msac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver. Berikut ini adalah tampilan jendela awal Adobe Photoshop

                                                                       

Ada 3 Komponen Penting ketika kita bekerja dengan Adobe Photoshop yakni

1. MenuBar

2. Toolbox

3. SideBar (Layer, Channel, Navigator dll)

Untuk bekerja dengan photoshop hal yang perlu kita ketahui adalah Toolbox, berikut ini adalah beberapa komponen dari Toolbox

Marquee Tool Untuk membuat seleksi berbentuk kotak persegi empat 
Move Tool Untuk memindahkan objek gambar  
Lasso Tool Untuk membuat seleksi secara bebas  
Quick Selection Tool Untuk membuat seleksi berdasarkan warna yang sama  
Crop Tool Untuk memotong gambar  
Slice Tool Untuk membuat pembagian gambar  
Brush Tool Untuk menggambar atau mewarnai dengan bentuk kuas  
Clone Stamp Tool Untuk melakukan duplikasi area tertentu pada sebuah gambar  
History Brush Tool Untuk menormalkan gambar yang telahmengalami perubahan/dirubah-rubah  
Erase Tool  Untuk menghapus gambar  
Gradient Tool  Untuk membari warna gradasi  
Blur Tool  Mensimulasi tambahan sebuah gambar  
Pen Tool  Untuk membuat gambar dalam bentuk path  
Horizontal Type Tool  Untuk membuat objek text  
Path Selection Tool  Untuk memilih titik pada sebuah path  
Rectangle Tool  Untuk membentuk bebas  
Note Tool  Untuk membuat/menyertakan catatan  
Eye Drop  Untuk memilih warna dari sebuah objek  
Hand Tool  Untuk Menggeser tampilan pada layar  
Zoom Tool  Untuk memperbesar tampilan gambar  


2.2 PRAKTIKUM

A. MENGGANTI BACKGROUND IMAGE

1. Buka Adobe Photoshop

2. Pilih menu File -> open dan pilih sebuah gambar misalkan gambar Cristiano Ronaldo, selain itu kita juga bisa langsung drag foto dari explorer ke dalam Adobe Photoshop.

3. Setelah itu akan terlihat seperti berikut ini

 

4. Kemudian pada toolbox pilihlah Lasso Tool, Pilihlah Lasso dengan Magnetic Tool agar prose seleksi pemotongan gambar dapat lebih mudah

5. Lakukan seleksi pada orang dalam gambar tersebut sehingga menjadi seperti ini

6. Setelah orang dalam gambar sudah terseleksi selanjutkan klik kanan pada seleksi gambar tersebut dan pilih Layer via Cut (hal ini dilakukan untuk memisahkan gambar dari background) sehingga kalau kita lihat pada layer sebelah kanan akan ada 2 layer hasil pemisahan.

7. Kemudian masukkan sebuah gambar background yang akan digunakan sebagai background baru dari foto Cristiano Ronaldo di atas dengan cara drag langsung dari explorer. Misalkan saja saya memasukkan gambar pemandangan gunung.

8. Setelah gambar background gunung di drag ke dalam lembar kerja photoshop, maka tarik gambar ronaldo pada jendela sebelah kiri menuju gambar pemandangan sehingga hasilnya menjadi seperti diatas.

9. Oke selamat anda telah berhasil mengganti background asli dari sebuah foto. Selanjutnya untuk menyimpan file gambar hasil manipulasi Pilih File -> Save As

10. Ketikkan Nama File Gambar dan Pilih juga tipenya (Pilih PSD jika anda ingin menyimpannya dalam bentuk file Photoshop dan pilih selain PSD jika ingin menyimpannya dalam format gambar). Jika anda menyimpan dalam bentuk PSD maka foto tersebut masih bisa anda edit ulang.

B. CROP IMAGE

1. Buka Adobe Photoshop

2. Pilih menu File -> open dan pilih sebuah gambar misalkan gambar Cristiano Ronaldo, selain itu kita juga bisa langsung drag foto dari explorer ke dalam Adobe Photoshop.

3. Setelah itu akan terlihat seperti berikut ini

4. Kemudian pada Toolbox menu pilih Crop, lakukan penyeleksian pada bagian foto yang ingin di crop sehingga menjadi seperti berikut ini

5. Kemudian tekan ENTER jika sudah selesai menyeleksi, maka hasilnya gambar akan terpotong menjadi berikut ini

6. Simpan Gambar hasil Crop tersebut. (Selamat anda telah berhasil melakukan cropping pada sebuah foto)

C. STEMPEL SEBUAH FOTO

1. Buka Adobe Photoshop

2. Pilih menu File -> open dan pilih sebuah gambar misalkan gambar Cristiano Ronaldo, selain itu kita juga bisa langsung drag foto dari explorer ke dalam Adobe Photoshop.

3. Setelah itu akan terlihat seperti berikut ini

4. Misalkan kita ingin membuat foto Cristiano Ronaldo memilki 3 mata, maka pilih menu stempel yang ada Toolbox.

5. Kemudian pilih bantalan stempel yang kita ingin cloning misalkan yang akan dipilih adalah mata sebelah kiri (ketika memilih bantalan stempel jangan lupa sambil menekan tombol ALT).

6. Kemudian setelah bantalan stempel dipilih lakukan stempel pada bagian yang ingin di stempel (tanpa menekan tombol ALT) sehingga hasilnya menjadi seperti berikut ini

D. MENCERAHKAN SEBUAH FOTO

1. Buka Adobe Photoshop

2. Pilih menu File -> open dan pilih sebuah gambar misalkan gambar Tim Manchester City, selain itu kita juga bisa langsung drag foto dari explorer ke dalam Adobe Photoshop.

3. Setelah itu akan terlihat seperti berikut ini

4. Kemudian pada menu bar pilih Menu Image -> Adjusment -> Curves,

5. Atur Histogram curves sesuai keinginan anda agar gambar menjadi lebih cerah, misalkan saya atur seperti berikut ini

6. Kemudian Klik OK jika sudah selesai, maka hasilnya gambar akan menjadi seperti berikut ini.

E. EFEK FILTER PADA PHOTOSHOP

1. Buka Adobe Photoshop

2. Pilih menu File -> open dan pilih sebuah gambar misalkan gambar Cristiano Ronaldo, selain itu kita juga bisa langsung drag foto dari explorer ke dalam Adobe Photoshop.

3. Setelah itu akan terlihat seperti berikut ini

4. Untuk member efek Filter pada gambar bisa dilakukan dengan memilih Menu Filter pada menu bar, misalkan disini kita pilih Filter -> Sketch -> Graphics Pen, kemudian atur setting dari sketch berikut ini

5. Setelah itu klik OK, maka hasilnya akan menjadi seperti berikut ini

\

BAB III

PENDAHULUAN

 

3.1 Prepraktikum

1. Lakukanlah instalasi Adobe Photoshop CS3, silahkan di print screen langkah – langkahnya, dan jelaskan!

Jawab:

  1. 1.      Langkah-langkah instalasi adobe photoshop CS3

 

1)       Pertama, buka setup aplikasi untuk menginstal Adobe photoshop CS3

2)      Kemudian muncul tampilan untuk melakukan ke langkah selanjutnya.Kemudian anda  klik next.

3)      Silahkan anda pilih dan klik visit my home page untuk informasi lebih lanjut sebelum melanjutkan instalasi. Kemudian anda  klik next

4)      Kemudian pilih lokasi Adobe Photosop CS3 yang akan diinstal pada browse dengan minimal 202.5 MB of free disk space,silahkan anda  klik next.

5)      Kemudian akan muncul tampilan,silahkan anda centrang  pilihan additional tasks yang akan dimainkan.Kemudian anda   klik next.

6)      Kemudian akan muncul tampilan, silahkan anda pemeriksaan destination location dan additional tasks yang telah di pilih, silahkan anda klik install

7)      Setelah itu,silahkan anda  tunggu sampai  proses instalisasinya  selesai.

8)      Kemudian anda  klik next.

9)      Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini yang menyatakan bahwa proses  instalasasi telah  selesai.Silahkan anda   klik finish.

10)   Adobe Photoshop CS3 siap digunakan sesuai dengan keinginan anda.

  1. Sebutkan dan jelaskan pengolah gambar Vektor dan Raster (Masing – masing 3)!

Jawab:

Software aplikasi grafis terbagi menjadi 2 yaitu :

APLIKASI GRAFIS BERBASIS VEKTOR

Gambar vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vektor. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar.Gambar vektor tidak tergantung pada resolusi. Kita dapat memperbesar atau memperkecil ukuran gambar tanpa kehilangan detail gambarnya. Disamping itu gambar vektor akan mempunyai ukuran file yang lebih kecil dan dapat diperbesar atau diperkecil bentuknya tanpa merubah ukuran filenya.

Aplikasi ini terbagi menjadi :

1)   Adobe Illustrator merupakan suatu program grafis berbasis vektor yang paling  populer. Adobe illustrator ini dapat di gunakan untuk membentuk objek berbentuk  tiga dimensi,untuk mendapatkan hasil objek yang sesuai.

2)   CorelDraw merupakan editor grafik vektor yang telah di kembangkan oleh Corel,misalnya sistem operasi Windows 2000.

3)   Macromedia FreeHand merupakan suatu aplikasi computer yang di gunakan  untuk membuat suatu  grafik vector yang membentuk objek  2 dimensi,misalnya titik,garis,serta lengkungan.Selain itu juga Macromedia FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.

v APLIKASI GRAFIS BERBASIS BITMAP (RASTER)

Bitmap adalah Suatu gambar yang  bertipe raster. Yang dapat mengandalkan jumlah pixel dalam satu satuan tertentu. Biasanya BITMAP ini tergantung pada pembentukan warnanya. Semakin rapat pixel maka semakin baik kualitas gambar. Sebaliknya jika dipaksa diperbesar akan terlihat pecah . Besar file yangdihasilkan cenderung besar.

Aplikasi ini terbagi menjadi :

1)   Paint merupakan program graphic painting sederhana yang terintegrasi dengan versi Microsoft Windows. Program ini dapat membuka dan menyimpan gambar dalam berbagai format.

2)   Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak editor yang di gunakan sebagai pengeditan suatu foto. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan.Sehingga Adobe Photoshop  dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.

3)   Corel PhotoPaint (Corel PHOTO-PAINT) adalah perangkat lunak buatan Corel yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek seperti Adobe Photoshop. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan.

BAB IV

IMPLEMENTASI

 

4.1 Tugas Praktikum

1. Lakukanlah perbaikan kualitas image (terserah) dengan mengkombinasikan cara manipulasi image pada modul ini!

v  Mengganti Background Image

 

v  Efek Filter

v  Stempel Sebuah Foto

  1. Buatlah sebuah komik sederhana menggunakan efek filter photoshop!

3. Lakukan pengeditan yang behubungan dengan kecerahan gambar, dan kontras

warna!

 

 

 

BAB V

PENUTUP

5.1 Kesimpulan

Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto.

Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Msac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver. Berikut ini adalah tampilan jendela awal Adobe Photoshop.

5.2 Saran

Dalam menggunakan photoshop kita harus mengetahui fungsi dari masing-masing toolbox yang telah tersedia di dalamnya. Dan menggunakan mouse yang lancar biar kerja kita tidak terlalu lama

 

Lapres Modul 3 PTI A1 (Instalasi pengenalan OS Ubuntu/Linux)

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Pada saat ini hampir semua orang sudah menggunakan system operasi windows sebagai system operasi di computer mereka. Hampir semua orang sudah tahu tentang system operasi  windows, cara instalasinya, aplikasinya dan lain – lain. Tetapi bagaimanakah dengan system operasi linux?, mungkin lagi masyarakat di Negara maju seperti jepang, amerika, dll. Sudah mengenal linux bahkan mampu untuk membuat system operasi yang serupa dengan linux. Tetapi bagaimanakah dengan masyarakat di Negara – Negara berkembang seperti Indonesia? Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia masih banyak yang gagap teknologi, hanya sebagian kecil saja yang memiliki wawasan yang luas dalam bidang IT.

Untuk itu kami mencoba untuk mengambil sedikit andil dalam perkembangan dunia pendidikan di bidang IT di Negara tercinta ini (Indonesia), pada kesempatan ini kami mencoba untuk menulis beberapa hal mengenai salah satu system operasi (Linux), dalam makalah ini kami memaparkan tentang sejarah linux, keunggulannya, instalasinya dan lain sebagainya.

1.2 Tujuan

1. Praktikan dapat melakukan instalasi operating system (OS) Linux.

2. Praktikan dapat mengetahui bagaimana caranya mempartisi harddisk dan

mengonfigurasi sistem

3. Praktikan dapat mengenal dan menggunakan Linux.

4. Praktikan dapat mengetahui bagaimana caranya bekerja Linux.

BAB II

DASAR TEORI

 

 

  1. A.    PERSIAPAN INSTALASI

 

Langkah pertama sebelum menginstal Linux adalah mencatat semua informasi yang berhubungan dengan computer yang akan di install.

1.  Spesifikasi Hardware

Berikut ini spesifikasi hardware minimal untuk menginstal Ubuntu :

o Prosesor Pentium I 200 MHz, disarankan minimal Pentium III atau

yang setara.

o RAM 128 MB, disarankan minimal 256 MB.

o Harddisk kosong 1 GB untuk sistem dan swap, disarankan minimal 3

GB. Instalasi semua paket akan mencapai lebih dari 9 GB.

o VGA dengan memori 1 MB

o Monitor dengan resolusi 800 x 600.

2. Membuat Boot Disk Windows

Disk Windows diperlukan jika proses instalasi dilakukan pada computer yang sudah ada OS lain, misalnya XP. Data yang ada akan diamankan atau ingin memiliki dual boot system, Linux dan windows. Juka Windows belum ada, sementara dua-duanya diinginkan, maka Windows harus di instal lebih dulu, kemudian Linux. Salah satu data penting di Windows adalah isi master boot record (MBR) di harddisk. MBR sebaiknya di-backup, untuk jaga-jaga apabila ingin mengakses windows setelah menginstal linux.

3. Menyimpan data ke harddisk lain atau ke CD/DVD-R/RW

4. Memanfaatkan CD-1 untuk mem-backup

Langkah-langkah Instalasi Ubuntu 8.04

1. Masukkan CD Installer Ubuntu 8.04 ke CD Rom/ Rom Drive, lalu restart

PC atau Notebook. Jangan lupa sebelumnya setting BIOS agar booting pertama kali menggunakan CDROM. Setelah proses booting akan muncul pilihan bahasa, kemudian Pilih Bahasa yang ingin digunakan, disarankan memilih default bahasa installer yaitu English (membingungkan memakai kata-kata teknik yang “di Indonesiakan” contoh kata yang susah dipahami : “papan bilah = toolbar, unduh=download, dan sebagainya).

2. Kemudian pilih “install Ubuntu” yang berada di baris kedua opsi penginstallan.

3. Tunggu CD installer Loading sampai selesai lalu pilih bahasa yang ingin digunakan selama instalasi, pilih saja di bagian kiri dari jendela, lalu klik “forward”

4. Pada layar selanjutnya akan muncul Peta dunia, tentukan lokasi dimana kamu berada, dan ini akan menentukan Jam dan Tanggal komputer kamu, pilih Jakarta untuk WIB, Makassar untuk Wita, dan Jayapura untuk WIT, klik “forward”

5. Memilih keyboard, secara default keyboard akan memilih US. english, dan mayoritas keyboard komputer yang beredar di Indonesia menggunakan Layout ini, kalau masih belum yakin boleh mencoba mengetikkan beberapa tombol di bar yang telah disediakan di bagian bawah layar, setelah yakin klik “forward”

6. Langkah berikut ini biasanya menjadi momok bagi yang baru nginstall linux, karena kalo salah klik bisa memformat Hardisk kita, dan kita tahu apa akibatnya jadi sebelum melakukan instalasi Back-Up lah data2 penting anda ke DVD atau FD atau HD external, pada layar ini akan muncul 3 opsi yaitu :

a. “Guided – resize the partition and use the freed space”: kalau kamu memiliki OS Redmond (Micro$oft Windoooz) dan masih ingin tetap terinstall di Hardisk kamu maka pilihlah opsi ini.

b. “Guided – use entire disk” : Kalau Hardisk kamu baru, atau ingin menghapus semua OS yang sebelumnya terinstall dan data-data didalamnya, maka pilihlah opsi ini

c. “Manual” : opsi ini dipilih jika tidak ada OS yang sebelumnya terinstall, dan tidak ada data penting, sama seperti opsi kedua, namun opsi ketiga ini kita bebas menentukan besaran (kapasitas) hardisk yang ingin kita gunakan: bagi yang ingin menggunakan opsi ini harap mengikuti panduan berikut :

Membuat partisi root

· Pilih partisi di hardisk tertentu yang akan dipakai untuk Ubuntu yang baru akan diinstall, klik “delete partition” maka partisi tersebut akan menjadi ” free Partition”

· Untuk hardisk baru yang belum dilformat maka akan secara default menjadi “free partition”

· Lalu pilih partisi tersebut dan klik “New Partition” untuk membuat partisi root yang baru, untuk Type For the New partition pilih Primary, lalu tentukan Kapasitas yang kan kita alokasikan pada tab size dalam MB, sebagai contoh ketik 3000=3GB, 5000=5GB dan seterusnya, lewatkan opsi Location dan Use as (biarkan secara Default) lalu pilih Mount Point di “/”.

Membuat partisi home (optional – boleh dibuat boleh tidak)

· Sama seperti membuat partisi root, hanya untuk Type for the New Partition sebaiknya pilih “logical” bukan “primary”

· Dan untuk Mount Point pilihlah home

Membuat partisi swap

· Sama seperti membuat partisi sebelumnya, dengan pilihan Type for the New partition di “logical”

· Untuk size maka sangat dianjurkan sebesar 2x RAM, kalau punya Ram 512 MB, berarti size partisi swab kita adalah 1024MB Untuk Mount Point pilih swap

· Setelah itu klik forward, dan sekali lagi kami ingatkan bahwa partisi yang kita buat nanti akan diformat, dan datanya tidak dapat ter”recover lagi” jadi pastikan data penting anda sudah di Back-Up.

7. Mengisi profil pilih real name, terserah saja, untuk menentukan username dan password login ke ubuntu kamu, klik ”forward”. Ubuntu Siap untuk Diinstall “Ready to Install” klik install

8. Ubuntu akan menyelesaikan proses penginstalan kurang dari 10 menit tergantung dari spek PC atau Notebook kamu ( Notebook saya speknya Pentium M Centrino 1.73GHz, Ram 1GB). Tunggu sampai muncul jendela konfirmasi Instalasi success seperti dibawah ini lalu klik “Restart Now

SELAMAT UBUNTU 8.04 SUDAH TERINSTALL, loginlah dengan username dan password yang telah kamu pilih, jangan sampai lupa. Lakukan Modifikasi, dan Instalasi lebih lanjut agar Ubuntu Kamu lebih Powerfull di kategori Setelah Instalasi

B. PENGENALAN LINUX :

1. MEMULAI BEKERJA DENGAN LINUX

Proses login, digunakan untuk mengatur hak akses pada sistem, untuk memelihara keamanan sistem, dan berbagai keperluan lainnya. Setiap user mempunyai hak akses yang berbeda-beda. Anda sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan user root untuk aktivitas sahari-hari.

1. Masuk ke Sistem Linux bila Anda menghendaki login secara grafis atau X-Window.

2. Bekerja di Desktop Linux

3. Keluar dari Sistem Linux

Jika sudah berada dalam sistem dan sudah bekerja di dalam sistem,

kemudian berkeinginan untuk mengakhirinya, Anda juga harus bisa keluar sesuai dengan aturannya.

2.FILE MANAGER

File manager adalah fasilitas dari X Window yang sangat berguna untuk mengelola file atau dokumen. Mirip dengan kegunaan Windows Explorer pada Microsoft Windows. Dengan file manager ini, kita dapat dengan mudah :

o Beralih antar blok device

o Membuat direktori atau folder

o Mengopi file/dokumen/folder

o Mengubah nama file/dokumen/folder

o Menghapus file/dokumen/folder

o Membuka suatu folder atau program

o Menjalankan program

o Membuat Shortcut File Folder

o Dan sebagainya

Berikut ini penjelasan masing-masing direktori :

Direktori Keterangan
/ Direktori root, induk bagian teratas hoerarki direktori
/bin Tempat menampung perintah (executable) linux standar
/usr Berisi semua program aplikasi
/home Direktori pribadi untuk tiap-tiap user
/mnt Mengakses floppy dan cdrom
/selinux Berisi konfigurasi untuk security fedora
/etc Tempat menampung file konfigurasi dan system administrasi
/dev Berisi informassi seluruh piranti system (khusus peripheral)
/tmp Berisi file-file sementara
/lib Share library
/boot Untuk menyimpan kerel bagi linux

3. BEKERJA DI TERMINAL ATAU CONSOLE

Selain bekerja dengan modus grafis, Anda juga dapat bekerja dengan modus teks di lingkungan X Window. Untuk mengaktifkan emulasi terminal console di desktop, Anda dihadapkan pada terminal console dari user yang sedang login saat ini.

Apabila Anda memilih terminal atau console, maka muncul prompt/shell, sesuai dengan nama user yang sedang login. Misalnya user ”imi”, bentuk promp-nya menggunakan tanda dolar ($).

Bila Anda menghendaki login dengan terminal super user (root), Anda dapat mengubah user tersebut dengan memberikan perintah ”su”,sehingga akan meminta Anda untuk memasukkan password root. Setelah Anda memasukkan password dan menekan enter, muncul promp atau shell untuk user root, dengan tanda pagar (#)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

IMPLEMENTASI

 

3.1. Tugas Praktikum

  1. 1.      Jelaskan cara membakar CD di Linux dan Windows!
    1. Masukkan CD-1 dan boot computer dari CD.
    2. Tekan F2 untuk masuk ke menu pilihan atau opsi untuk book instalasi
    3. Ketikkan “linux rescue“ diikuti enter untuk menjalankan rescue CD dengan Fedora berbasis teks. Tunggu beberapa saat hingga masuk ke menu berikutnya, yaitu memilih bahasa pilih English atau Indonesia.
    4. Tunggu beberapa saat hingga masuk ke pilihan,apakah ingin mengakses harddisk dengan cara normal (read-write), atau hanya untuk membaca (read-only).untuk mencakup isi harddisk lain, masuk ke console. Pilih akses(mount) ke partisi harddisk, atau lakukan mount akses setelah berada di console. Anda dapat mencakup dari partisi lain, atau dari harddisk  ke USB disk dan sebagainya.
    5. Untuk mengopi seluruh isi harddisk primary master ka primary perintahnya adalah: # dd if=/dev/had of=/def/hdb.
    6. 2.      Jelaskan cara mempartisi Harddisk di linux!

Jika harddisk masih kosong anda dapat menyerahkan pembuatan partisi kepada Program installer fedora, yang biasanya berbentuk LVM (Logikal Volume Management)sebagai pengguna linux sebaiknya anda memahami konsep penamaan harddisk dan menguasai cara membuat partisi standart (bukan LVM).

  1. 3.      Jelaskan cara mengkonfigurasi jaringan di Linux!
  • Masuk ke system linux  bila menghendaki ligin secara grafis atau

windows.

  • Bekerja di desktop linux
  • Keluar dari system linux

Jika sudah berada dalam sistem dan sudah bekerja di dalam system, kemudian berkeinginan untuk mengakhirinya, anda juga harus bias keluar sesuai dengan aturannya.

  1. 4.       Jelaskan cara logout dari promp!

Cara logout dari promp dapat dilakukan dengan cara > klik PC pada taskbar > klik system > klik terminal > konsole

 

 

  1. 5.      Jelaskan cara Konfigurasi Desktop untuk :

Font

Untuk mengatur Fonts pada desktop dapat kita lakukan dengan cara mengklik icon Control Center > pada menu control center, klik folder font. Klik Apply untuk menetapkan perubahan pada konfigurasi dektop.

Themes

Untuk mengatur Themes pada dektop dapat dilakukan dengan cara klik folder Themes pada form Control Center > klik folder Theme Manager dan pilih theme yang diinginkan > klik Apply.

Background

Untuk merubah Background pada desktop > klik folder Background > klik salah satu background pada setting Picture/ klik icon folder open untuk membuka file background pada media yang lainnya > klik Apply.

Screensaver

Untuk merubah screensaver pada desktop > klik folder Screen Saver, dan pilih screensaver yang disukai > klik Apply.

  1. 6.      Jelaskan dan lakukan langkah-langkah atau proses instalasi Linux dari awal sampai selesai.

Berikut adalah cara meng-install Ubuntu 10.10 :

  1. Pertama akan mmuncul sebuah gambar.
  2. Setelah itu tunggu beberapa saat.
  3. Kemudian pilih lokasi.
  4. Selanjutnya akan muncul jendela Preparing to install Ubuntu. Klik Forward.
  5. Pada jendela Allocate drive space, pilih radio button Specify partitions manually (advanced). Lalu klik Forward.
  6. Pilih New Partition Table…
  7. Kemudian muncul kotak pesan Create new empty partition table on this device. Lalu klik Continue.
  8. Selanjutnya akan muncul Device free space dengan Size 42949 MB. Lalu klik Add…
  9. Kemudian muncul kotak Create partition. Pada Type for the new partition pilih Primary, dengan size 20000 dan pada Location for the new partition pilih Beginning, dengan Use as: Ext4 journaling file system dan Mount point: / (garis miring).
  10. Pilih lagi free space, lalu klik Add…
  11. Kemudian muncul kotak Create partition. Pada Type for the new partition pilih Logical, dengan size 20000 dan pada Location for the new partition pilih End, dengan Use as: Swap area.
  12. Jika sudah, pilih Device /dev/sda1.
  13. Lalu klik Install Now.
  14. Kemudian pilih zone waktu dimana anda berada. Lalu klik Forward.
  15. Pilih layout keyboard yang akan anda gunakan. Lalu klik Forward.
  16. Selanjutnya isi data diri anda dan password. Jika ingin login secara otomatis, pilih Log in automatically. Jika sudah klik Forward.
  17. Setelah itu akan muncul proses Scanning the CD-ROM
  18. Setelah proses install selesai akan muncul kotak pesan Installation Complete, lalu klik Restart Now.
  19. Tunggu beberapa saat. Ketika muncul perintah tekan Enter, maka tekan Enter untuk melanjutkan.
  20. Maka akan muncul tampilan Desktop Ubuntu 10.10
  21. 7.       Jelaskan apa yang dimaksud direktori dan cara untuk membuat direktori ?

Yang dimaksud dengan direktori adalah folder-folder yang terdapat pada sistem operasi. Dan cara untuk membuatnya yaitu dengan melalui file manager, klik kanan di area yang kosong lalu pilih create folder. Atau dengan tekan Ctrl+Shift+N pada keyboard secara bersamaan.

  1. 8.  Jelaskan cara menghapus, mengubah dan membuat shortcut file/folder?

Cara menghapus

v  Pilih shortcut file/folder

v  Tekan delete

Cara mengubah

v  Klik kanan pada shurcut file/folder

v  Klik rename

Cara membuat

v  klik kanan pada file/folder

v  klik add this launcher to desktop

3.2 Tugas Tambahan

1. Jelaskan sejarah Linux dan Distro (jenis-jenis) turunan Linux dari awal sampai sekarang!

  • Sejarah Linux

Sejarah sistem operasi Linux berkaitan erat dengan proyek GNU, proyek program bebas freeware terkenal diketuai oleh Richard Stallman. Proyek GNU diawali pada tahun 1983 untuk membuat sistem operasi seperti Unix lengkap — kompiler, utiliti aplikasi, utiliti pembuatan dan seterusnya — diciptakan sepenuhnya dengan perangkat lunak bebas. Pada tahun 1991, pada saat versi pertama kerangka Linux ditulis, proyek GNU telah menghasilkan hampir semua komponen sistem ini — kecuali kernel. Torvalds dan pembuat kernel seperti Linux menyesuaikan kernel mereka supaya dapat berfungsi dengan komponen GNU, dan seterusnya mengeluarkan Sistem operasi yang cukup berfungsi. Oleh karena itu, Linux melengkapi ruang terakhir dalam rancangan GNU.
Linux (atau GNU/Linux) adalah operating system open source yang mulai dikembangkan oleh Linus Torvalds dan masih dikembangkan terus hingga sekarang oleh banyak sukarelawan dan developer di seluruh dunia. iIstilah “Linux Indonesia” adalah istilah generik yang dipakai untuk mengacu kepada keseluruhan komunitas Linux Indonesia. Linux adalah sebuah sistem yang multiuser, multitasking dengan tools kompatibel UNIX yang lengkap. Sistem file-nya mengikuti semantic UNIX tradisional dan mengimplementasikan secara penuh standar model network.

  • Jenis-jenis Turunan Linux

1.Ubuntu
Arti Ubuntu diketahui hampir semua geek, definisinya adalah “sebuah kata Afrika yang berarti ‘kemanusiaan untuk semuanya’ atau ‘saya dibentuk oleh kita semua’. Distribusi Ubuntu membawa semangat Ubuntu ke dunia perangkat lunak.”

2.PCLinuxOS
Cukup jelas, nama ini berasal dari PC + Linux + Operating System. PCLinuxOS memiliki GUI yang mirip dengan Windows untuk memudahkan transisi pemakai ke Linux. Oleh karena itu mereka menggunakan kata PC (walaupun sebenarnya PC tidak ekslusif untuk Windows).

3.openSUSE
Adalah sebuah proyek SUSE open source yang disponsori Novell dan AMD. SUSE adalah akronim dalam bahasa Jerman untuk “Software- und System-Entwicklung” (pengembangan perangkat lunak dan sistem). Akan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa nama SUSE dipakai untuk menghormati insinyur Konrad Zuse.

4.Fedora
Adalah sebuah proyek Linux komunitas yang disponsori Red Hat. Nama “Fedora” ini diambil dari jenis topi (fedora) yang dipakai oleh pria di logo Red Hat.

5. Mandriva

Distribusi Linux ini berasal dari Mandrake Linux yang dibuat oleh MandrakeSoft, akan tetapi MandrakeSoft kalah dari Hearst Corporation dalam hak penggunaan nama “Mandrake.” MandrakeSoft kemudian membeli Connectiva, dan hasil pencampuran ini disebut Mandriva.

6.Sabayon
Sebuah distribusi yang dibuat di Trentino, Italia dan dinamakan mengikuti nama sebuah hidangan penutup Italia yang disebut Sabayon. Sabayon dibuat dari telur kuning, gula dan alkohol manis.

7.Debian
pertama kali diperkenalkan Ian Murdock di tahun 1998. Nama Debian sendiri diambil dari nama pacarnya (sekarang istri) Debra dan namanya Ian.

8.Damn_Small_Linux
Sebuah distro Linux dengan ukuran hanya 50MB, sesuai dengan namanya.

9.MEPIS
Menurut pencipta MEPIS Warren Woodford, MEPIS tidak berarti apapun, ia hanya salah mendengar temannya yang berbicara melalui koneksi Skype yang buruk, dan menyukai nama ini.

10.FreeBSD
Memang secara teknis bukan Linux, tetapi mereka tetap bersaudara dan menduduki peringkat 11 di distrowatch. BSD adalah sebuah turunan Linux yang dikembangkan di University of California Berkeley. BSD sendiri adalah akronim untuk Berkeley Software Distribution. FreeBSD adalah saudara dari distro BSD.

11.CentOS
Berbasis Red Hat Enterprise Linux (RHEL) dan merupakan akronim dari Community Enterprise Operating System.

12.DreamLinux
Sebuah distro turunan Debian berasal dari Brazil dan berpenampilan sangat mirip dengan Mac OS X. Tidak ada sejarah di belakang nama ini, hanya campuran dari dream dan Linux.

13.Puppy_Linux
Sebuah distribusi live CD yang mengutamakan kemudahan pakai. Distro ini memiliki maskot yang bernama “Puppy” yang merupakan seekor Chihuahua asli.

14.Kubuntu
Hanya KDE + Ubuntu saja.

15.Zenwalk
Cukup membingungkan. Saat mengunjungi situs mereka, tagline mereka berbunyi
“ever tried zen computing?,” jadi bagian Zen sudah jelas. Tetapi bagian “walk” dengan logo lumba – lumba? Lumba – lumba bahkan tidak dapat berjalan. Saya menulis email kepada JP Guillemin, pencipta distro tersebut untuk meminta penjelasannya. Jawabannya: “Hi, Zenwalk digunakan agar berbunyi mirip seperti Nextstep, Os terkenal yang diciptakan Steve Jobs saat dipecat oleh Apple.”

16.Slackware
Diciptakan oleh Patrick Volkerding. Slackware pada awalnya adalah sebuah proyek pribadi, dan agar tidak menjadi serius, Patrick menamakan proyek ini “slack” dari Church of SubGenius yang berarti keadaan di mana seseorang menggunakan energi seminim mungkin untuk hidup.

17.Knoppix
Sebuah distro Live CD yang diciptakan Klaus Knopper dan dinamakan berdasarkan namanya sendiri.

18.Gentoo
Distro berbasis source code yang semua aplikasi harus dikompilasi dari awal untuk memaksimalkan kecepatan. Fakta ini mengubah namanya (pada awalnya Enoch) menjadi Gentoo, yaitu jenis penguin perenang tercepat.

19.Slax
Sebuah distro Live CD berbasis Slackware, begitu juga namanya.

20.Sidux
Sebuah distro Linux berbasis versi unstable Debian dengan kode nama “Sid” yang diambil dari karakter Sid Phillips di Toy Story, biasanya menghancurkan dan menyiksa mainan adiknya Hannah. Siapa bilang geek tidak memiliki selera humor.

21.Ubuntu_Studio
Hanya sebuah turunan Ubuntu yang dikhususkan untuk produksi multimedia.

22. PC-BSD
Sebuah distro berbasis BSD, dibuat untuk kemudahan instalasi dengan program GUI dan mudah dipakai dengan desktop KDE sebagai pilihan default, sehingga diberikan nama PC di depannya.

23.Xubuntu
XFCE + Ubuntu.

24.Foresight
Sebuah distro yang menggunakan Conary sebagai package manager yang memiliki fitur rolling update, tidak seperti kebanyakan distro yang hanya memberikan update besar dua kali setahun. Sebagai contoh, saat Banshee 1.0 muncul bulan depan, para pemakai Foresight akan memiliki aplikasi terbaru ini dalam waktu kurang dari 1 minggu, sedangkan para pemakai Ubuntu harus menunggu hingga bulan Oktober. Nama Foresight diambil karena anda akan mendapatkan aplikasi terlebih dahulu dibandingkan distro – distro lain.

25.DesktopBSD
Dari situsnya: “DesktopBSD bertujuan menjadi OS stabil dan kuat untuk para pemakai desktop.

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

 

4.1 Kesimpulan

Sistem operasi linux sangat berbeda dengan system operasi windows Sistem operasi linux miliki keunggulan diantaranya bebas dioperasikan secara gratis dan sangat kecil kemungkinan terserang virus. Dibandingkan dengan windows sangat berkebalikan Linux memiliki tampilan dan kelngkapan program yang memadai dalam penggunaannya.Linux mendukung multi operating system dalam membaca semua direktori harddisk walaupun dari system operasi windows.

4.2   Saran

Jika ingin mencoba atau belajar Linux tanpa mengubah atau menginstalnya di hard-disk, distro live-cd seperti knoppix bisa jadi pilihan. Installan distro Linux yang dipunyai teman dekat kita. Alasannya jika terjadi sesuatu dengan Linux yang kita instal atau sekedar ingin bertanya segala sesuatu tentang Linux, ada seseorang yang bisa kita tanya, dan dengan adanya teman-teman, kita bisa berdiskusi..Setelah kita menginstal Linux dengan distro yang dipunyai teman kita dan sekiranya sudah mahir dalam memainkan atau menggunakan Linux, kita bisa coba untuk menginstal distro lain yang menurut kita bagus dan sesuai dengan preferensi kita.

 

Lapres Modul 2 PTI A1 (instalasi pengenalan OS windows)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Dalam computer  OS merupakan kata yang tidak asing lagi.OS atau operating system merupakan perangkat yamg sangat penting untuk medukung adanya sebuah PC..Operating system memiliki beberapa macam salah satunya OS widows yang merupakan OS yang banyak digunakan.Namun meskipun banyak yang mengunakan OS ini banyak masyarakat yang tidak bisa menginstal OS ini mereka hanya bisa menggunakan saja.

Windows merupakan sistem operasi terpopuler dan paling banyak digunakan.Windows banyak digunakan karena alasan kemudahan dan tampilanya yang indah.Windows juga telah menyertakan aplikasi windows explorer yang digunakan untuk melakukan managemen file dan directory yang kita buat.Bagian dari windows explorer adalah menu,toolbar,folder view,path,dan status bar.

1.2  Tujuan

1.Praktikan dapat melakukan instalasi operating system (OS) Windows. 2.Praktikan dapat mengetahui bagaimana caranya mempartisi harddisk dan mengonfigurasi sistem

 

BAB II

DASAR TEORI

 

A. PERSIAPAN INSTALASI

Yang harus diperhatikan dalam menginstal/menginstal ulang windows xp :

7. Siapkan CD Instal Windows XP yang bootable (cd windows xp yang bisa booting/bootable).

8. Backup data/documents apa saja yang menurut anda penting yang ada didalam drive C ke drive lainnya misal ke drive D.

Karena semua data/program yang ada didalam drive C semuanya akan hilang, kecuali anda merepair/memperbaiki maka data/program yang ada di drive C tidak akan hilang

9. Siapkan CD driver yang dibutuhkan oleh computer anda, seperti driver motherboard, sound, dan driver VGA card.

B. PROSES INSTALASI :

  1. Aturlah BIOS agar prioritas bootingnya dimulai dari CD(DVD)-ROM, dengan cara:
    1. Masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del, atau F1, atau juga F2.
    2. Pilih menu Advanced Settings, kemudian carilah ‘Boot Priority’ atau yang sejenis.
    3. Ubah pengaturannya agar CDROM merupakan urutan pertama. Kemungkinan pilihan ini memiliki 2 jenis:
      1.                                   i.          Dengan menu ‘First boot priority’, ‘Second boot priority’ dll: Aturlah ‘First boot priority’ ke ‘CDROM’ dengan menekan tombol PgDn/Pgup (Page Down/Up) atau +/-. Atur juga ‘Second boot priority’nya ke HDD0/HDD1.
      2.                                 ii.          Jika menunya ‘Boot priority’: atur ke ‘CDROM, C, A’ atau ‘CDROM, A, C’ dengan menekan tombol PgDn/Up.
    4. Kembali ke menu sebelumnya dengan menekan tombol Esc. Sampai di ini, masukkanlah CD-ROM/DVD instalasi Windows ke drive optik.
    5. Tekan F10, kemudian ketik Y dan tekan Enter.
    6. Komputer akan restart.
  1. Tekan sembarang tombol jika tampil perintah ‘Press any key to boot from CD…’. Komputer kemudian akan meload Windows sementara, untuk proses instalasi. Sebagai catatan: Di baris terbawah layar biasanya akan tertulis perintah-perintah beserta tombol keyboard yang harus ditekan, jika Setup meminta input dari Anda (sebagai user).
  2. Setelah loading selesai dan menu berlatar-belakang biru muncul, akan ada pemilihan mode Setup. Tekan Enter untuk memulai proses instalasi.
  3. Tekan F8 untuk menerima ketentuan lisensi (Jika tampil).
  4. Setup akan meminta tempat instalasi Windows XP. Hard disk pertama akan otomatis terpilih. Jika tidak, pilihlah Hard Disk pertama sebagai tempat instalasinya. Kemudian tekan Enter.
  5. Akan ada pilihan mode Format untuk Hard Disk. Pilihlah ‘Format the partition using the NTFS file system (Quick)’. Kemudian Setup akan menyiapkan Hard Disk tersebut dan mengopi seluruh file-file Windows yang  diperlukan. Tunggulah beberapa menit sampai indikator Progress Bar mencapai 100%.
  6. Komputer akan restart. Jangan menekan tombol apapun pada keyboard jika tampil tulisan ‘Press any key to boot from CD…’ karena kita sekarang akan membooting komputer melalui Hard Disk yang telah disiapkan oleh Setup. Kemudian Setup akan memasuki mode GUI (Graphical User Interface).
  7. Windows akan meminta nama Anda beserta nama organisasi. Isilah. Ketika diminta CD-KEYnya, masukkan seperti yang tertulis di dalam CD.
  8. Windows juga akan meminta pengeseran waktu dan tanggal komputer. Biasanya pengaturan ini sudah benar. Pilih saja time zone yang sesuai, yaitu +7 (Bangkok, Hanoi, Jakarta) kemudian akan dilanjutkan dengan penginstalan kartu network.
  9. Klik OK atau Next sampai selesai.
  10. Komputer akan restart untuk yang kedua kalinya.
  11. Ketika loading selesai, Anda akan dipandu untuk mengeset nama (account) pengguna. Klik saja tanda panah kanan berulang kali sampai selesai. Proses instalasi selesai.
  12. Untuk tahap selanjutnya, dianjurkan untuk menginstal driver-driver yang belum/tidak dikenali Windows, seperti driver untuk modem, dll. Sumbernya bisa berasal dari CD/DVD yang didapat bersama paket pembelian peripheral tsb. Proses ini dapat dilanjutkan dengan instalasi program-program lain seperti WinRAR, Office, dll.

C. PENGENALAN WINDOWS XP

  1. Sistem operasi dibuat dengan salah satu tujuannya adalah mempermudah interaksi manusia sebagai pengguna dengan komputer. Perkembangan komputer yang sangat pesat terutama pada sisi perangkat keras juga dibarengi dengan munculnya beberapa sistem operasi yang menjadi alternatif antara lain DOS/Windows, Unix, Linux, Sun Solaris, IBM OS/2 dan MacOS.
  2. Windows dan Linux saat ini merupakan sistem operasi terpopular dan paling banyak digunakan. Windows banyak digunakan karena alasan kemudahan dan tampilannya yang indah sedangkan Linux banyak digunakan dengan alasan keamanan dan sifatnya yang open source. Dengan alasan open source dan tidak terikat lisensi saat ini mulai terjadi pergeseran pemakai terutama didunia pendidikan, banyak yang awalnya menggunakan windows dan solaris berpindah menggunakan Linux.
  3. Untuk modul 2 seperti telah dibahas di atas mengenai instalasi dan pengenalan windows. Sedangkan pembahasan untuk instalasi dan pengenalan Linux di bahas pada modul 3.

D. PENGENALAN DESKTOP

           

Desktop dahulu menjadi alasan mengapa Windows dan MacOS sangat popular. Namun saat ini sistem operasi lain seperti Linux dan Solaris juga telah menggunakan model Desktop sehingga muncul Desktop Manager yang popular yaitu KDE dan GNOMEC. Desktop manager pada Windows diperlihatkan pada gambar 1, yang terdiri dari :

1. Wallpaper : gambar background pada desktop

2. Start Menu : daftar untuk memulai bekerja dengan aplikasi

3. Quick Launch : cara cepat mengeksekusi aplikasi

4. Taskbar : papan yang menunjukkan aplikasi yang dibuka bekerja

5. Short Cut : link dari papan aplikasi atau file yang ditempatkan di desktop.

E. WINDOWS EXPLORER

Untuk mengelola file yang dibuat, Windows telah menyertakan apilkasi Windows Explorer yang digunakan untuk melakukan managemen file dan direktory yang kita buat. Tampilan Windows Explorer ditunjukkan pada Gambar 2, mempunyai bagian-bagian antara lain :

Gambar 2 : Windows Explorer

 

1. Menu

Memuat fitur-fitur yang ada pada Windows Explorer, berupa perintah-perintah dan konfigurasi dari tampilan Windows Explorer

2. Toolbar

Papan berisi short-cut perintah yang bisa digunakan pada Windows Explorer. Tidak semua short-cut ada pada toolbar, hal ini sesuai dengan konfigurasi (aturan) yang ditetapkan.

3. Folder View

Pada windows Explorer, terdapat dua windows (jendela) yaitu folder view explorer disebelah kiri dan view disebelah kanan. Folder view hanya menampilkan folder-folder / direktori dan beberapa file zip, sedangkan explorer view menampilkan semua isi dari folder yang dipilih, kecuali file yang di-hidden.

4. Path

Path adalah lebih lengkapnya address path merupakan alamat lengkap (path mutlak) dari folder yang dipilih pada folder view. Secara umum formatnya adalah:

<Drive>\<Folder>\<Folder>\

Contoh :

F : \Word\Format\

Berarti folder yang dipilih adalah Jumat\, terletak pada drive F:\, dengan folder utama Word\

5. Status Bar

Merupakan deskripsi isi dari folder yang dipilih, biasanya berupa jumlah file/folder yang ada pada drive/folder yang dipilih. Hidden-file bisa terdeteksi dari status bar.

BAB III

KEGIATAN PRAKTIKUM

 

Pada pertemuan praktikum yang ke dua ini membahas tentang cara menginstal windows 7 dengan  menggunakan Virtual Box sebagai media penginstalannya.

Cara menginstal dengan media Virtual Box:

  1. Membuka Virtual Box kemudian klik New.
  2. Kotak dialog ciptakan mesin baru ditampilkan, kemudian isi nama, tipe OS dan versi. Klik Next/Lanjut sampai lokasi dan ukuran disk virtual.
  3. Ubah ukuran disk virtual, klik Next/Lanjut. Klik Next/Lanjut lagi, lalu klik Buat/Make.
  4. Klik setting, klik penyimpanan, klik gambar disk di pengendali IDE kemudian masukkan CD/DVD masukkan ISO windows. Klik Ok
  5. Klik mulai. Program akan berjalan kotak pesan akan ditampilkan klik jang tampilkan. Klik Ok.
  6. Pilihlah Indonesian pada Language, time, currency, and location
  7. Tunggu sampai tampil kotak Instal Windows. Pilihlah tipe windows yang akan diinstal. Klik Next, lalu centang “I accept…..”. Klik Next. Pilihlah Custom untuk menginstal ulang. Klik New kemudian masukkan ukuran disk, klik Apply, klik Ok, klik Next.
  8. Tunggu hingga proses install selesai. Setelah selesai klik Restart Now.
  9. Setelah itu masukkan nama PC. Klik Next. Klik Next. Klik Next.
  10. Klik Use Recommended Setting. Tentukan waktu dan kalender. Klik Next. Pilihlah tipe jaringn internetnya.


 

BAB IV

IMPLEMENTASI

 

 

4.1 Tugas Praktikum

  1. Jelaskan bagaimana meng-upgrade ke Windows XP dari windows 98, Windows Me (Millennium Edition), Windows 2000 Professional !

v  Catatan,Windows 2000 dan Windows 2000 Professional hanya dapat diupgrade ke Windows XP Professional. Tidak dapat meng-upgrade Windows 2000 ke Windows XP Home.

Sebelum memulai proses upgrade,hubungi pabrikan komputer anda untuk mendapatkan pembaruan BIOS terbaru untuk komputer anda kemudian instal pembaruan tersebut.Jika anda memperbarui BIOS setelah anda meng-upgrade komputer anda mungkin harus menginstal ulang Windows XP untuk mengambil keuntungan dari berbagai fitur seperti konfigurasi lanjut dan antarmuka daya (ACPI)yang mendukung BIOS.Jika anda dapat melakukannya,perbarui firmware pada semua perangkat keras sebelum memulai upgrade.

Jika ingin memutus hubungan internet selama penginstalan.Langkah ini tidak harus dilakukan,tetapi memutuskan dari internet selama penginstalan membantu melindungi komputer anda.Untuk perlindungan tambahan ,anda mungkin juga ingin mengaktifkan firewallinternet Explorer Microsoft.

v  Cara mempersiapkan Windows 98 atau Windows Millennium Edition untuk meng-upgrade Windows XP,untuk meng-upgradenya ke Windows XP yaitu:

a)      Nyalakan komputer anda,kemudian masukkan CD Windows XP ke kandar CD atau DVD.

b)      Jika Windows secara otomatis mendeteksi CD,klik menginstal Windows untuk mulai menjalankan wisaya penataan Windows XP.

c)      apabila Windows tidak mendeteksi CD secara otomatis,klik mulai kemudian klik jalankan.Ketik perintah berikut ini dan kemudian klik OK:

Huruf kandar CD :/setup.exe

d)     Apabila anda diminta untuk memilih jenis instalan,pilih Upgrade (pengaturan default),kemudian klik selanjutnya.

e)      Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan upgrade

.

2.Jelaskan dan lakukan langkah-langkah atau proses instalasi Windows dari awal sampai selesai.

PROSES INSTALASI

  •  Aturlah BIOS agar prioritas bootingnya dimulai dari CD(DVD)-ROM,

dengan cara:

  • Masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del, atau F1, atau juga F2.
  • Pilih menu Advanced Settings, kemudian carilah ‘Boot Priority’ atauyang sejenis.
  • Ubah pengaturannya agar CDROM merupakan urutan pertama.

Kemungkinan pilihan ini memiliki 2 jenis:

v  Dengan menu ‘First boot priority’, ‘Second boot priority’ dll:Aturlah ‘First boot priority’ ke ‘CDROM’ dengan menekan tombol PgDn/Pgup (Page Down/Up) atau +/-.Atur juga ‘Second boot priority’nya ke HDD0/HDD1.

v  Jika menunya ‘Boot priority’: atur ke ‘CDROM, C, A’ atau‘CDROM, A, C’ dengan menekan tombol PgDn/Up.

  • Kembali ke menu sebelumnya dengan menekan tombol Esc. Sampai di ini, masukkanlah CD-ROM/DVD instalasi Windows ke drive optik.
  • Tekan F10, kemudian ketik Y dan tekan Enter.
  • Komputer akan restart.
  • Tekan sembarang tombol jika tampil perintah ‘Press any key to boot

from CD…’. Komputer kemudian akan meload Windows sementara, untuk proses instalasi.

Sebagai catatan: Di baris terbawah layar biasanya akan tertulis perintahperintah beserta tombol keyboard yang harus ditekan, jika Setup meminta input dari Anda (sebagai user).

  • Setelah loading selesai dan menu berlatar-belakang biru muncul, akan ada pemilihan mode Setup. Tekan Enter untuk memulai proses instalasi.
  • Tekan F8 untuk menerima ketentuan lisensi (Jika tampil).
  • Setup akan meminta tempat instalasi Windows XP. Hard disk pertama akan otomatis terpilih. Jika tidak, pilihlah Hard Disk pertama sebagai tempat instalasinya. Kemudian tekan Enter.
  • Akan ada pilihan mode Format untuk Hard Disk. Pilihlah ‘Format the partition using the NTFS file system (Quick)’. Kemudian Setup akan menyiapkan Hard Disk tersebut dan mengopi seluruh file-file Windows yang diperlukan. Tunggulah beberapa menit sampai indikator Progress Bar mencapai 100%.
  • Komputer akan restart. Jangan menekan tombol apapun pada keyboard jika tampil tulisan ‘Press any key to boot from CD…’ karena kita sekarang akan membooting komputer melalui Hard Disk yang telah disiapkan oleh Setup. Kemudian Setup akan memasuki mode GUI (Graphical User Interface).
  • Windows akan meminta nama Anda beserta nama organisasi. Isilah.Ketika diminta CD-KEYnya, masukkan seperti yang tertulis di dalam CD
  • Windows juga akan meminta pengeseran waktu dan tanggal komputer.Biasanya pengaturan ini sudah benar. Pilih saja time zone yang sesuai,yaitu +7 (Bangkok, Hanoi, Jakarta) kemudian akan dilanjutkan dengan penginstalan kartu network.
  • Klik OK atau Next sampai selesai.
  • Komputer akan restart untuk yang kedua kalinya.
  • Ketika loading selesai, Anda akan dipandu untuk mengeset nama (account) pengguna. Klik saja tanda panah kanan berulang kali sampai selesai.Proses instalasi selesai.
  • Untuk tahap selanjutnya, dianjurkan untuk menginstal driver-driver yang belum/tidak dikenali Windows, seperti driver untuk modem, dll. Sumbernya bisa berasal dari CD/DVD yang didapat bersama paket pembelian peripheral tsb. Proses ini dapat dilanjutkan dengan instalasi program-program lain seperti WinRAR, Office, dll.

3. Jelaskan apa yang dimaksud direktori dan cara untuk membuat direktori ?

Direktori adalah komponen dari sistem berkas yang mengandung satu berkas atau lebih atau satu direktori lainnya atau lebih, yang disebut dengan subdirektori. Batasan jumlah berkas atau subdirektori yang dapat ditampung dalam sebuah direktori tergantung dari sistem berkas yang digunakan, meskipun sebagian sistem berkas tidak membatasinya.

Cara membuat direktori:

  1. Pilih Windows Explorer pada menu Program atau klik kanan mouse pada tombol Start, pilih Explore.
  2. Pada tampilan Windows Explorer, pilih menu File lalu pilih New kemudian pilih lagi Folder.
  3. Tampilan Kotak kosong Folder akan dimunculkan, ketik nama baru pada kotak kosong tersebut.
  4. Tekan Enter.

 

4. Jelaskan cara menghapus, mengubah dan membuat shortcut file/folder?

  • Cara menghapus folder
  1. a.      Klik kanan pada folder yang akan dihapus
  2. b.      Kemudian pilih Delete
  3. c.       Klik OK
  • Cara mengubah  nama folder
  1. a.      Klik kanan pada folder  yang akan diganti nama foldernya
  2. b.      Kemudian pilih Rename
  3. c.       Klik nama yang kita inginkan,contoh lisa
  4. d.      Kemudian enter
  • Cara membuat folder
  1. a.      Klik  file pada toolbar
  2. b.      Kemudian  pilih new,lalu pilih folder
  3. Buatlah folder didalam folder PRAKTIKUM DASKOM, beri nama folder dengan Nama Anda, pindahkan file-file tugas praktikum anda ke dalam folder tersebut.
  1. Sharing-lah folder yang baru anda buat yang kemudian lihatlah folder yang telah anda share dari komputer yang lain. Settinglah agar folder yang anda share tidak dapat dihapus.

4.2 Tugas Tambahan

-MENGINSTAL WINDOWS 7 HOME PREMIUM 32 byte

– Masuk Ke BIOS. Waktu computer mulai di start tekan delete sampai masuk  pilih driver yang akan di First Boot ke BIOS. Pilih Advance BIOS   exit gunakan (CD/DVD/USB)  &save. Pastikan dari BIOS booting komputer Anda di setting untuk DVD/CD. Masukkan DVD windows (windows yang akan diinstal). Tekan sembarang tombol saat muncul boot from cd or dvd.

– tunggulah sebentar lalu akan tampil ,pilihlah bahasa anda, waktu & format mata uang, keyword atau metode input dan klik Next.

 

 

 

-klik Instal Now

 

            – pilih windows home premium

            – centang  I accept the license  dan klik next

 

 

-Klik  upgrade

 

            –Pilih drive mana Anda ingin menginstal Windows 7 dan klik Next. Jika Anda ingin membuat partisi, klik opsi Drive options (advanced), buatlah partisi dan kemudian klik Next.

 

 

 

Sekarang akan dimulai menginstal Windows 7. Langkah pertama, (yaitu Windows mulai menyalin file) sudah dilakukan ketika anda booting DVD/fd Windows 7 sehingga akan selesai seketika.

-Setelah menyelesaikan langkah pertama, Langkah ketiga dan keempat juga akan diselesaikan langsung seperti langkah pertama.

-Setelah itu secara otomatis akan restart setelah 15 detik dan melanjutkan setup. Anda juga dapat klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu.

-Setelah restart untuk pertama kalinya, proses setup akan dilanjutkan. Ini adalah langkah terakhir sehingga akan mengambil waktu yang agak lamadaripada langkah sebelumnya.

-Sekarang akan otomatis restart lagi dan melanjutkan setup. Anda dapat klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu.

-Ketik nama pengguna yang Anda inginkan dalam kotak-teks dan klik Next. Nama komputer akan otomatis terisi.

-Jika Anda ingin mengatur sandi, ketik di kotak teks dan klik Next.

-Ketik kunci produk Anda dalam kotak-teks dan klik Next. Anda juga dapat melewatkan langkah ini dan cukup klikNext jika Anda ingin mengetik kunci produk nanti. Windows akan berjalan hanya selama 30 hari jika Anda melakukan ini.

-Pilih opsi yang Anda inginkan untuk Windows Update.

-Pilih zona waktu dan klik Next.

-Jika anda terhubung ke jaringan apapun, ia akan meminta Anda untuk menetapkan lokasi jaringan.

-Nah selesai sudah proses penginstallan windows Home Premium

BAB V

PENUTUP

 

 

5.1 Kesimpulan

Windows merupakan sistem operasi terpopuler dan paling banyak digunakan.Windows banyak digunakan karena alasan kemudahan dan tampilanya yang indah.Windows juga telah menyertakan aplikasi windows explorer yang digunakan untuk melakukan managemen file dan directory yang kita buat.Bagian dari windows explorer adalah menu,toolbar,folder view,path,dan status bar.

 

 

 

5.2 Saran

Untuk melakukan penginstalan windows XP diperlukan ketelitian dan kesabaran dalam prosesnya karena memerlukan waktuyang lumayan lama.

 

 

 

Lapres Modul 1 PTI A1 (Hardware)

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang

Komputer merupakan suatu peralatan elektronik yang dapat melakukan tugas secara otomatis, misalnya menerima input, mengolah input, memberikan informasi menggunakan suatu program yang tersimpan di memory computer, serta menyimpan program dan hasil pengolahan. Komputer sebagai peralatan elektronik tidak dapat melakukan tugasnya tanpa di dukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware ( manusia yang mengoperasikan komputer).

Dari uraian di atas dapat kita ketahui bahwa computer banyak memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari dan pada praktikum kali ini kita membahas tentang perangkat keras computer ( hardware ). Hardware merupakan bagian fisik computer misalnya monitor, CPU, mouse, keyboard dll. Untuk mempelajari tentang Hardware tidak cukup dengan teori saja tetapi harus di imbangi dengan praktikum agar kita lebih mengerti serta lebih paham tentang Hardware dan bagian-bagiannya.

1.2  Tujuan

Tujuan dari praktikum yaitu :

1. Praktikan dapat mengerti dan memahami tentang struktur komputer.

2. Praktikan dapat mengerti dan memahami tentang hardware komputer dan

macam-macam bagiannya.

3. Praktikan dapat membedakan tentang input device dan output device.

4. Praktikan dapat merakit komputer.

BAB II

DASAR TEORI

  1. A.    DEFINISI KOMPUTER

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti

berarti menghitung (to compute atau to reckon).

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai  dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya , serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.

Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

B. SISTEM KOMPUTER

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

  1. C.    STRUKTUR KOMPUTER

Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen

saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana dapat digambarkan

dalam diagram blok pada gambar berikut ini.

Gambar 1.1 Struktur komputer

Bagian CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada Mother Board. Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian penting yaitu:

1. CPU ( Central Processing Unit ) / Processor

2. Memory ( RAM dan ROM )

3. Input / Output

Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:

· Input Device (Alat Masukan) _ perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.

· Output Device (Alat Keluaran) _ perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

· I/O Ports _ bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output diatas terhubung melalui port ini.

· CPU (Central Processing Unit) _ merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu:

_ ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data.

_ CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

· Memori _ berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat. Berdasarkan kecepatan aksesnya dapat dibuat hirarki memori seperti pada table berikut:

Tercepat

Tercepat RegisterCache registerMain MemorySekunder Memory

· Data Bus _ jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam system komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

· Address Bus _ digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

· Control Bus _ digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

 

BAB III

KEGIATAN PRAKTIKUM

 

v  Definisi komputer

Istilah komputer mempuyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang.Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa latin computare yang berartimenghitung (to compute atau reckom).

v  Struktur komputer

-Input Device (Alat masukan ) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer.

-Output Device (Alat keluaran ) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pegolahan data.Keluaran dapat berupa hardcopy (ke atas ),softcopy (ke monitor),ataupun berupa suara.

-I/O ports merupakan bagian ini digunakan  untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem.Peralatan input dan output diatas terhubung melalui port ini.

-CPU (central processing unit) Merupakan otak sistem computer

v  Sistem computer terdiri dari beberapa elemen yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), brainware. Hardware pada system computer terdiri atas tiga bagian yaitu input unit, processing unit, dan output unit.

v  Perbedaan Memory internal dan Eksternal

-Memory Internal yaitu memory internal berupa RAM ( Random Access Memory ) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM ( Read Only Memory ) yaitu memory yang hanya bias di baca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat computer pertama kali dinyalakan.

-Memory Eksternal yaitu memori yang tidak berhubungan langsung dengan motherboard, disebut eksternal karena biasanya letaknya tidak terhubung langsung dengan motherboard bahkan ada yang diluar casing CPU. Juga memiliki sifat yang permanen , meski lebih mahal tetapi memory ini memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Biasanya diukur dalam ratusan megabyte atau bahkan di gigabyte (ribu juta byte) saat ini.

v  Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer dengan didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah system komputer dan digunakan sebagaipusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas dan juga bisa dibilang chip yang sering disebut “microprocessor”

v  Motherboard adalah papan utama dari komputer yang di mana semua komponen di pasang, mulai dari processor, memory, slot-slot dan ekspensi lainnya. Pada papan motherboard terdapat komponen serta chip controller yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard.

v  Tahapan proses pada perakitan computer :

  1. Penyiapan motherboard
  2. Memasang processor
  3. Memasang heatsink
  4. Memasang modul memory
  5. Memasang motherboard pada casing
  6. Memasang power supply
  7. Memasang kabel motherboard dan casing
  8. Memasang drive
  9. Memasang card adapter
  10. Penyelesaian terakhir

BAB IV

TUGAS PRAKTIKUM

1. Tulis daftar singkatan komponen sesuai  gambar arsitektur PC di bawah ini :

GPU    : graphics processing unit

AGP    : accelerated graphics port

HDD   : harddisk drive

FDD    : floppy disk drive

FSB     : front side bus

USB    : universal serial Bus

PCI      : peripheral component interconnect

RTC    : real time clock

PATA : paralel advanted technology attachment

SATA : serial advanced technology attachment

ISA     : industry standart architecture

IDE     : integrated intelegent electronic

MCA   : master of computer aplication

PS/2     : personal system /2

2.a). Jenis perangkat input unit : mouse, keyboard, scanner, joystick dan games paddle, light pen,digitizer, microphone, touch screen, hard disk, disket, punched card.

. b). 3 komponen utama CPU, yaitu :

–  Aritmatic & Logical Unit (ALU)

–  Control Unit

Main Memory (Main Storage)

  • Aritmatic & Logical Unit ( ALU )

Fungsi dari Aritmatic & Logical  yaitu melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika, Melakukan perhitungan aritmatika ( matematika ) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.

  • Control Unit

Fungsi dari Control Unit  yaitu untuk  mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output,  mengambil data dari memori utama, menyimpan hasil proses ke memory utama.

  • Main Memory ( Main Storage )

Fungsi dari Main Memory yaitu sebagai media penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU atau perangkat I/O, Menyimpan system aplikasi, system pengendalian, dan data yang sedang beroperasi.

c).  Jenis perangkat output unit adalah

-Monitor yaitu menampilkan display gambar, teks, symbol, dll.

-Printer yaitu mencetak dokumen yang telah kita buat

-Speaker yaitu memunculkan suara yang dapat di input lewat microphone atau mp3

-Proyektor yaitu seperti monitor, namun media proyektor dapat di dinding

3. Salah satu komponen PC yang gunakan adalah CD/DVD ROM atau RW (ReWritable). Tetapi mungkin sebagian kita tidak begitu mengenal atau tahu spesifikasi detail tentang DVD ROM atau keping DVD yang kita gunakan tidak bisa menyimpan. Saat in hampir semua CD/DVD writer sudah bisa menulis dan membaca semua jenis format DVD. Hal ini ditandai dengan adanya logo DVD±RW. Sehingga jika ada logo tersebut, harusnya tidak ada masalah ketika kita memilih jenis -R atau +R. Mengenai penjelasan tanda ini sebagai berikut :

Perbedaan –R +R dan RW

  • -R : Tanda Minus baik CD/DVD merupakan single session disk. Artinya kita tidak dapat menambahkan data lain jika sudah di gunakan, meskipun masih ada sisa penyimpanan. Kadang ada media yang bisa melakukan penyimpanan multi session di disk jenis -R ini, tetapi hasilnya tidak semua media mampu membacanya, kadang hanya session pertama yang terbaca atau tidak ada sama sekali.
  • +R : Tanda Plus ditujukan untuk Multisession, artinya kita dapat menggunakan space kosong yang masih tersedia di disk. Setiap session baru dapat ditambahkan di session yang sudah ada atau membuat session baru. Sebagai bonus, ketika session baru disimpan, dapat memerintahkan untuk “menghapus” session yang lama. Hapus ini maksudnya memerintahkan media player untuk mengabaikan isi datanya.
  • RW : merupakan singkatan dari ReWritable, artinya disk ini menggunakan material khusus sehingga datanya dapat dihapus kemudian digunakan untuk menyimpan data baru atau dapat juga di tumpuk dengan data lain. Ada batasan tertentu seberapa banyak (kali) penghapusan data bisa dilakukan.

4. Perbedaan antara Memory Internal dan Memory Eksternal adalah

-Memory Internal yaitu memory internal berupa RAM ( Random Access Memory ) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM ( Read Only Memory ) yaitu memory yang hanya bisA di baca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat computer pertama kali dinyalakan.

-Memory Eksternal yaitu memori yang tidak berhubungan langsung dengan motherboard, disebut eksternal karena biasanya letaknya tidak terhubung langsung dengan motherboard bahkan ada yang diluar casing CPU. Juga memiliki sifat yang permanen , meski lebih mahal tetapi memory ini memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Biasanya diukur dalam ratusan megabyte atau bahkan di gigabyte (ribu juta byte) saat ini.

5. Register adalah jenis memory yang terdapat pada prosesor dan sebagai memory internal processor yang mempunyai kecepatan 5 sampai 10 kali dibandingkan memory utama, dan digunakan untuk menyimpan instruksi-instruksi dan data yang sedang diproses di CPU.

6. Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer dengan didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah system komputer dan digunakan sebagaipusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas dan juga bisa dibilang chip yang sering disebut “microprocessor”

Sejarah perkembangan processor yaitu

1971: 4004 Microprocessor

Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.

1972: 8008 Microprocessor

Pada tahun 1972 muncullah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali dari pendahulunya.

1974: 8080 Microprocessor

Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan

1978: 8086-8088 Microprocessor

Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.

1982: 286 Microprocessor

Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.

1985: Intel386™ Microprocessor

Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004

1989: Intel486™ DX CPU Microprocessor

Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.

1993:Intel®Pentium®Processor

Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.

1995: Intel® Pentium® Pro Processor

Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.

1997: Intel® Pentium® II Processor

Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi didalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.

 1998: Intel® Pentium II Xeon® Processor

Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.

1999: Intel® Celeron® Processor

Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.

1999: Intel® Pentium® III Processor

Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.

1999: Intel® Pentium® III Xeon® Processor

Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.


2000: Intel® Pentium® 4 Processor

Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.

2001: Intel® Xeon® Processor

Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini mempunyai jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.


2001: Intel® Itanium® Processor

Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).

2002: Intel® Itanium® 2 Process
or

Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium.

 2003: Intel® Pentium® M Processor

Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.

2004: Intel Pentium M 735/745/755 processors

Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.

2004:IntelE7520/E7320Chipsets
7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.

2005: Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz

Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.

2005: Intel Pentium D 820/830/840

Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.

2006: Intel Core 2 Quad Q6600

Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core  1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )

2006: Intel Quad-core Xeon X3210/X3220

Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP

7. Motherboard adalah papan utama dari komputer yang di mana semua komponen di pasang, mulai dari processor, memory, slot-slot dan ekspensi lainnya. Pada papan motherboard terdapat komponen serta chip controller yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard.

slot-slot yang di gunakan untuk pemasangan komponen kartu, seperti VGA Card, Sound Card, LAN Card, Internal Modem dan lain sebagainya. Bagian-Bagian Motherboard yang terdapat di dalamnya adalah Chipset, Bios, Slot RAM, Slot Ekspansi, Baterai CMOS dan socket atau slot processor.

8. Persiapan dalam merakit computer yaitu

1. Penentuan konfigurasi computer

Konfigurasi computer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari computer. Penentuan komponen di mulai dari jenis processor, motherboard, lalu komponen lainnya. Factor kesesuaian terhadap motherboard harus di perhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis processor, modul memory, port dan I/O bus yang berbeda-beda.

2. Persiapan komponen dan perlengkapan

Komponen computer dan perlengkapan perakitan untuk perakitan di persiapkan terlebih dahulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapannya terdiri dari:

  • Komponen computer
  • Kelengkapan computer seperti kabel, sekrup, jumper, baut, dsb.
  • Buku manual dan referensi dari komponen
  • Alat bantu berupa obeng pipih dan Philips
  • Software system operasi, device driver dan program aplikasi

3. Pengamanan

Tindakan pengamanan di perlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan statis, jatuh, panas berlebihan.

Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:

  • Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
  • Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor tetapi memegang pada badan logam atau plastic yang terdapat pada komponen.

9. Penyebab troubleshooting yaitu  suatu masalah atau adanya ketidaknormalan pada computer kita. Masalah komputer atau troubleshooting dibagi menjadi 2 troubleshooting hardware dan troubleshooting software.

Troubleshooting hardware biasanya ditandai dengan komputer tidak dapat menyala, monitor mati dan lain sebagainya.

Troubleshooting software ditandai dengan lambatnya kinerja komputer dan lain-lain.

Cara mengatasi penyebab troubleshooting yaitu Apabila terdapat problem komputer disertai sistem masih memberikan tampilan pesan pada monitor atau disertai dengan bunyi beep 1 atau 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 6, 7, dan 8 yaitu pada Keyboard, Card I/O, dan Disk Drive.

Apabila terdapat problem disertai sistem memberikan kode bunyi “beep” lebih dari 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 4 dan 5, yaitu RAM, VGA Card dan Monitor.

Sedangkan untuk masalah yang tidak disertai pesan pada monitor atau kode bunyi beep,kemungkinan besar letak permasalahan ada di komponen nomor 1 dan 2, yaitu Power Suplly dan Motherboard.

Untuk tahap awal, analisa terlebih dahulu ada dibagian manakah troubleshooting hardware komputer tersebut. Kemudian anda bisa mencabut atau melepaskan hardware yang kira-kira terjadi troubleshooting kemudian pasangkan kembali dengan pasti dan periksa secara tepat tidak ada kelonggaran dalam pemasangan kembali hardware tersebut.

BAB V

PENUTUP

5.1 Kesimpulan

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas. misalnya menerima input, mengolah input, memberikan informasi menggunakan suatu program yang tersimpan di memory computer, serta menyimpan program dan hasil pengolahan. System computer pada elemen computer terdiri atas Hardware (perangkat keras ), software (perangkat lunak), brainware ( manusia yang mengoperasikan computer). Hardware computer di bagi atas 3 bagian utama yaitu input unit, processing unit, dan output unit. Untuk merakit sebuah computer perlu dilakukan persiapan seperti penentuan konfigurasi computer, persiapan komponen dan perlengkapan, dan pengamanan. Setelah dirakit kemudian di uji dengan menjalankan program setup BIOS.

5.2 Saran

Dengan adanya globalisasi, dunia teknologi mengalami perkembangan pesat seperti halnya computer yang merupakan alat elektronik yang berperan mudah dalam pekerjaan manusia. Untuk itu penting sekali bagi kita untuk mempelajari lebih dalam mengenai computer ditinjau dari segi manfaat dan fungsinya.