BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Komputer merupakan suatu peralatan elektronik yang dapat melakukan tugas secara otomatis, misalnya menerima input, mengolah input, memberikan informasi menggunakan suatu program yang tersimpan di memory computer, serta menyimpan program dan hasil pengolahan. Komputer sebagai peralatan elektronik tidak dapat melakukan tugasnya tanpa di dukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware ( manusia yang mengoperasikan komputer).
Dari uraian di atas dapat kita ketahui bahwa computer banyak memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari dan pada praktikum kali ini kita membahas tentang perangkat keras computer ( hardware ). Hardware merupakan bagian fisik computer misalnya monitor, CPU, mouse, keyboard dll. Untuk mempelajari tentang Hardware tidak cukup dengan teori saja tetapi harus di imbangi dengan praktikum agar kita lebih mengerti serta lebih paham tentang Hardware dan bagian-bagiannya.
1.2 Tujuan
Tujuan dari praktikum yaitu :
1. Praktikan dapat mengerti dan memahami tentang struktur komputer.
2. Praktikan dapat mengerti dan memahami tentang hardware komputer dan
macam-macam bagiannya.
3. Praktikan dapat membedakan tentang input device dan output device.
4. Praktikan dapat merakit komputer.
BAB II
DASAR TEORI
- A. DEFINISI KOMPUTER
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti
berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya , serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
B. SISTEM KOMPUTER
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
- C. STRUKTUR KOMPUTER
Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen
saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana dapat digambarkan
dalam diagram blok pada gambar berikut ini.
Gambar 1.1 Struktur komputer
Bagian CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada Mother Board. Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian penting yaitu:
1. CPU ( Central Processing Unit ) / Processor
2. Memory ( RAM dan ROM )
3. Input / Output
Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:
· Input Device (Alat Masukan) _ perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.
· Output Device (Alat Keluaran) _ perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
· I/O Ports _ bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output diatas terhubung melalui port ini.
· CPU (Central Processing Unit) _ merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu:
_ ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data.
_ CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
· Memori _ berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat. Berdasarkan kecepatan aksesnya dapat dibuat hirarki memori seperti pada table berikut:
Tercepat RegisterCache registerMain MemorySekunder Memory
· Data Bus _ jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam system komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
· Address Bus _ digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
· Control Bus _ digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
BAB III
KEGIATAN PRAKTIKUM
v Definisi komputer
Istilah komputer mempuyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang.Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa latin computare yang berartimenghitung (to compute atau reckom).
v Struktur komputer
-Input Device (Alat masukan ) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer.
-Output Device (Alat keluaran ) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pegolahan data.Keluaran dapat berupa hardcopy (ke atas ),softcopy (ke monitor),ataupun berupa suara.
-I/O ports merupakan bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem.Peralatan input dan output diatas terhubung melalui port ini.
-CPU (central processing unit) Merupakan otak sistem computer
v Sistem computer terdiri dari beberapa elemen yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), brainware. Hardware pada system computer terdiri atas tiga bagian yaitu input unit, processing unit, dan output unit.
v Perbedaan Memory internal dan Eksternal
-Memory Internal yaitu memory internal berupa RAM ( Random Access Memory ) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM ( Read Only Memory ) yaitu memory yang hanya bias di baca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat computer pertama kali dinyalakan.
-Memory Eksternal yaitu memori yang tidak berhubungan langsung dengan motherboard, disebut eksternal karena biasanya letaknya tidak terhubung langsung dengan motherboard bahkan ada yang diluar casing CPU. Juga memiliki sifat yang permanen , meski lebih mahal tetapi memory ini memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Biasanya diukur dalam ratusan megabyte atau bahkan di gigabyte (ribu juta byte) saat ini.
v Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer dengan didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah system komputer dan digunakan sebagaipusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas dan juga bisa dibilang chip yang sering disebut “microprocessor”
v Motherboard adalah papan utama dari komputer yang di mana semua komponen di pasang, mulai dari processor, memory, slot-slot dan ekspensi lainnya. Pada papan motherboard terdapat komponen serta chip controller yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard.
v Tahapan proses pada perakitan computer :
- Penyiapan motherboard
- Memasang processor
- Memasang heatsink
- Memasang modul memory
- Memasang motherboard pada casing
- Memasang power supply
- Memasang kabel motherboard dan casing
- Memasang drive
- Memasang card adapter
- Penyelesaian terakhir
BAB IV
TUGAS PRAKTIKUM
1. Tulis daftar singkatan komponen sesuai gambar arsitektur PC di bawah ini :
GPU : graphics processing unit
AGP : accelerated graphics port
HDD : harddisk drive
FDD : floppy disk drive
FSB : front side bus
USB : universal serial Bus
PCI : peripheral component interconnect
RTC : real time clock
PATA : paralel advanted technology attachment
SATA : serial advanced technology attachment
ISA : industry standart architecture
IDE : integrated intelegent electronic
MCA : master of computer aplication
PS/2 : personal system /2
2.a). Jenis perangkat input unit : mouse, keyboard, scanner, joystick dan games paddle, light pen,digitizer, microphone, touch screen, hard disk, disket, punched card.
. b). 3 komponen utama CPU, yaitu :
– Aritmatic & Logical Unit (ALU)
– Control Unit
– Main Memory (Main Storage)
- Aritmatic & Logical Unit ( ALU )
Fungsi dari Aritmatic & Logical yaitu melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika, Melakukan perhitungan aritmatika ( matematika ) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
Fungsi dari Control Unit yaitu untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output, mengambil data dari memori utama, menyimpan hasil proses ke memory utama.
- Main Memory ( Main Storage )
Fungsi dari Main Memory yaitu sebagai media penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU atau perangkat I/O, Menyimpan system aplikasi, system pengendalian, dan data yang sedang beroperasi.
c). Jenis perangkat output unit adalah
-Monitor yaitu menampilkan display gambar, teks, symbol, dll.
-Printer yaitu mencetak dokumen yang telah kita buat
-Speaker yaitu memunculkan suara yang dapat di input lewat microphone atau mp3
-Proyektor yaitu seperti monitor, namun media proyektor dapat di dinding
3. Salah satu komponen PC yang gunakan adalah CD/DVD ROM atau RW (ReWritable). Tetapi mungkin sebagian kita tidak begitu mengenal atau tahu spesifikasi detail tentang DVD ROM atau keping DVD yang kita gunakan tidak bisa menyimpan. Saat in hampir semua CD/DVD writer sudah bisa menulis dan membaca semua jenis format DVD. Hal ini ditandai dengan adanya logo DVD±RW. Sehingga jika ada logo tersebut, harusnya tidak ada masalah ketika kita memilih jenis -R atau +R. Mengenai penjelasan tanda ini sebagai berikut :
Perbedaan –R +R dan RW
- -R : Tanda Minus baik CD/DVD merupakan single session disk. Artinya kita tidak dapat menambahkan data lain jika sudah di gunakan, meskipun masih ada sisa penyimpanan. Kadang ada media yang bisa melakukan penyimpanan multi session di disk jenis -R ini, tetapi hasilnya tidak semua media mampu membacanya, kadang hanya session pertama yang terbaca atau tidak ada sama sekali.
- +R : Tanda Plus ditujukan untuk Multisession, artinya kita dapat menggunakan space kosong yang masih tersedia di disk. Setiap session baru dapat ditambahkan di session yang sudah ada atau membuat session baru. Sebagai bonus, ketika session baru disimpan, dapat memerintahkan untuk “menghapus” session yang lama. Hapus ini maksudnya memerintahkan media player untuk mengabaikan isi datanya.
- RW : merupakan singkatan dari ReWritable, artinya disk ini menggunakan material khusus sehingga datanya dapat dihapus kemudian digunakan untuk menyimpan data baru atau dapat juga di tumpuk dengan data lain. Ada batasan tertentu seberapa banyak (kali) penghapusan data bisa dilakukan.
4. Perbedaan antara Memory Internal dan Memory Eksternal adalah
-Memory Internal yaitu memory internal berupa RAM ( Random Access Memory ) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM ( Read Only Memory ) yaitu memory yang hanya bisA di baca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat computer pertama kali dinyalakan.
-Memory Eksternal yaitu memori yang tidak berhubungan langsung dengan motherboard, disebut eksternal karena biasanya letaknya tidak terhubung langsung dengan motherboard bahkan ada yang diluar casing CPU. Juga memiliki sifat yang permanen , meski lebih mahal tetapi memory ini memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Biasanya diukur dalam ratusan megabyte atau bahkan di gigabyte (ribu juta byte) saat ini.
5. Register adalah jenis memory yang terdapat pada prosesor dan sebagai memory internal processor yang mempunyai kecepatan 5 sampai 10 kali dibandingkan memory utama, dan digunakan untuk menyimpan instruksi-instruksi dan data yang sedang diproses di CPU.
6. Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer dengan didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah system komputer dan digunakan sebagaipusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas dan juga bisa dibilang chip yang sering disebut “microprocessor”
Sejarah perkembangan processor yaitu
1971: 4004 Microprocessor
Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.
1972: 8008 Microprocessor
Pada tahun 1972 muncullah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali dari pendahulunya.
1974: 8080 Microprocessor
Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan
1978: 8086-8088 Microprocessor
Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.
1982: 286 Microprocessor
Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.
1985: Intel386™ Microprocessor
Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004
1989: Intel486™ DX CPU Microprocessor
Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.
1993:Intel®Pentium®Processor
Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.
1995: Intel® Pentium® Pro Processor
Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.
1997: Intel® Pentium® II Processor
Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi didalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.
1998: Intel® Pentium II Xeon® Processor
Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.
1999: Intel® Celeron® Processor
Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.
1999: Intel® Pentium® III Processor
Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.
1999: Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.
2000: Intel® Pentium® 4 Processor
Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.
2001: Intel® Xeon® Processor
Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini mempunyai jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.
2001: Intel® Itanium® Processor
Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).
2002: Intel® Itanium® 2 Processor
Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium.
2003: Intel® Pentium® M Processor
Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.
2004: Intel Pentium M 735/745/755 processors
Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.
2004:IntelE7520/E7320Chipsets
7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.
2005: Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.
2005: Intel Pentium D 820/830/840
Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.
2006: Intel Core 2 Quad Q6600
Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )
2006: Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP
7. Motherboard adalah papan utama dari komputer yang di mana semua komponen di pasang, mulai dari processor, memory, slot-slot dan ekspensi lainnya. Pada papan motherboard terdapat komponen serta chip controller yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard.
slot-slot yang di gunakan untuk pemasangan komponen kartu, seperti VGA Card, Sound Card, LAN Card, Internal Modem dan lain sebagainya. Bagian-Bagian Motherboard yang terdapat di dalamnya adalah Chipset, Bios, Slot RAM, Slot Ekspansi, Baterai CMOS dan socket atau slot processor.
8. Persiapan dalam merakit computer yaitu
1. Penentuan konfigurasi computer
Konfigurasi computer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari computer. Penentuan komponen di mulai dari jenis processor, motherboard, lalu komponen lainnya. Factor kesesuaian terhadap motherboard harus di perhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis processor, modul memory, port dan I/O bus yang berbeda-beda.
2. Persiapan komponen dan perlengkapan
Komponen computer dan perlengkapan perakitan untuk perakitan di persiapkan terlebih dahulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapannya terdiri dari:
- Komponen computer
- Kelengkapan computer seperti kabel, sekrup, jumper, baut, dsb.
- Buku manual dan referensi dari komponen
- Alat bantu berupa obeng pipih dan Philips
- Software system operasi, device driver dan program aplikasi
3. Pengamanan
Tindakan pengamanan di perlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan statis, jatuh, panas berlebihan.
Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:
- Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
- Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor tetapi memegang pada badan logam atau plastic yang terdapat pada komponen.
9. Penyebab troubleshooting yaitu suatu masalah atau adanya ketidaknormalan pada computer kita. Masalah komputer atau troubleshooting dibagi menjadi 2 troubleshooting hardware dan troubleshooting software.
Troubleshooting hardware biasanya ditandai dengan komputer tidak dapat menyala, monitor mati dan lain sebagainya.
Troubleshooting software ditandai dengan lambatnya kinerja komputer dan lain-lain.
–Cara mengatasi penyebab troubleshooting yaitu Apabila terdapat problem komputer disertai sistem masih memberikan tampilan pesan pada monitor atau disertai dengan bunyi beep 1 atau 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 6, 7, dan 8 yaitu pada Keyboard, Card I/O, dan Disk Drive.
Apabila terdapat problem disertai sistem memberikan kode bunyi “beep” lebih dari 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 4 dan 5, yaitu RAM, VGA Card dan Monitor.
Sedangkan untuk masalah yang tidak disertai pesan pada monitor atau kode bunyi beep,kemungkinan besar letak permasalahan ada di komponen nomor 1 dan 2, yaitu Power Suplly dan Motherboard.
Untuk tahap awal, analisa terlebih dahulu ada dibagian manakah troubleshooting hardware komputer tersebut. Kemudian anda bisa mencabut atau melepaskan hardware yang kira-kira terjadi troubleshooting kemudian pasangkan kembali dengan pasti dan periksa secara tepat tidak ada kelonggaran dalam pemasangan kembali hardware tersebut.
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas. misalnya menerima input, mengolah input, memberikan informasi menggunakan suatu program yang tersimpan di memory computer, serta menyimpan program dan hasil pengolahan. System computer pada elemen computer terdiri atas Hardware (perangkat keras ), software (perangkat lunak), brainware ( manusia yang mengoperasikan computer). Hardware computer di bagi atas 3 bagian utama yaitu input unit, processing unit, dan output unit. Untuk merakit sebuah computer perlu dilakukan persiapan seperti penentuan konfigurasi computer, persiapan komponen dan perlengkapan, dan pengamanan. Setelah dirakit kemudian di uji dengan menjalankan program setup BIOS.
5.2 Saran
Dengan adanya globalisasi, dunia teknologi mengalami perkembangan pesat seperti halnya computer yang merupakan alat elektronik yang berperan mudah dalam pekerjaan manusia. Untuk itu penting sekali bagi kita untuk mempelajari lebih dalam mengenai computer ditinjau dari segi manfaat dan fungsinya.